!!!!! MEDIA MASSA !!!!

Media massa berarti teknologi yang dimaksudkan untuk menjangkau khalayak massa. Ini adalah sarana utama komunikasi yang digunakan untuk mencapai sebagian besar masyarakat umum. Platform yang paling umum untuk media massa adalah surat kabar, majalah, radio, televisi, dan internet. Masyarakat umum biasanya bergantung pada media massa untuk memberikan informasi mengenai isu-isu politik, isu-isu sosial, hiburan, dan berita dalam budaya pop.

 

 

Jenis Media Massa

Media massa telah berkembang secara signifikan dari waktu ke waktu. Pernahkah Anda bertanya-tanya bagaimana berita terbaru dan informasi dikomunikasikan di masa lalu? Nah, sebelum ada internet, televisi, atau radio, ada koran. Surat kabar itu adalah platform asli untuk media massa. Untuk jangka waktu yang panjang, masyarakat mengandalkan penulis dan wartawan untuk surat kabar lokal untuk menyediakan mereka dengan berita terbaru dalam peristiwa terkini.

Berabad-abad kemudian, pada tahun 1890, datang penemuan radio. radio akan segera menggantikan surat kabar sebagai sumber yang paling relevan untuk media massa. Keluarga akan berkumpul di sekitar radio dan mendengarkan program stasiun radio favorit mereka mendengar berita terbaru mengenai politik, isu-isu sosial, dan hiburan.

Nanti di bawah garis datang penemuan televisi. Televisi akan segera menggantikan radio untuk platform yang paling efektif untuk menjangkau masyarakat umum. Saat ini, Internet adalah bentuk yang paling relevan dari media massa dan telah menjadi alat utama untuk outlet berita. Sejak evolusi Internet, masyarakat umum sekarang dapat mengakses outlet berita yang sama dalam sekejap hanya dengan klik mouse, daripada harus menunggu program dijadwalkan.

 

  • Menurut (Cangara, 2002) – Media massa adalah alat yang digunakan dalam penyampaian pesan-pesan dari sumber kepada khalayak (menerima) dengan menggunakan alat-alat komunikasi mekanis seperti surat kabar, film, radio, TV.
  • Sedangkan menurut (Rakhmat, 2001) – Media massa adalah faktor lingkungan yang mengubah perilaku khalayak melalui proses pelaziman klasik, pelaziman operan atau proses imitasi (belajar sosial). Dua fungsi dari media massa adalah media massa memenuhi kebutuhan akan fantasi dan informasi.

Karakteristik media massa yang umum, dapat kamu baca di bawah ini:

  • Publisitas yaitu yang disebarluaskan kepada masyarakat atau publik.
  • Universalitas yaitu pesannya yang bersifat umum, mengenai segala aspek kehidupan serta semua peristiwa di berbagai tempat, maupun menyangkut mengenai kepentingan umum sebab sasarannya masyarakat umum.
  • Kontinuitas yaitu berkesinambungan sesuai dengan priode mengudara ataupun jadwal terbitnya.
  • Aktualitas yaitu yang berisi hal-hal baru. Aktualitas dapat diartikan kecepatan penyampaian informasi kepada masyarakat umum.
  • Periodisitas yaitu tetap atau berkala. Seperti misalnya harian, mingguan, ataupun siaran sekian beberapa jam per harinya.

 

Fungsi media massa, diantaranya sebagai berikut ini:

  • Sebagai pemberi informasi – pemberi informasi kepada masyarakan umum, secara tepat waktu.
  • Sebagai pengambilan keputusan – Berperan dalam menghantarkan informasi untuk mengambil keputusan.
  • Sebagai bahan untuk diskusi, memperjelas permasalahan yang dihadapi serta menyampaikan pesan-pesan para pemuka masyarakat.
  • Sebagai pendidik – Sebagai pemberi pendidikan kepada masyarakat melalui berbagai macam informasi.

Dilihat dari segi teknologi pada bdang penyimpanan informasi melalui media massa

Jika ditinjau berdasarkan perkembangan teknologi di bidang penyampaian informasi melalui media massa, dapat dibagi menjadi 2 (dua) jenis diantaranya:

  • Media massa modern adalah yang dimaksud dengan media massa modern yaitu media massa yang menggunakan teknologi modern, misalnya seperti media massa cetak serta media massa elektronik. Pengertian media massa cetak adalah media massa yang dalam  menyampaikan suatu informasinya terlebih dulu harus dicetak menggunakan alat cetak. Contohnya seperti Koran , tabloid dll. Sedangkan pengertian media massa elektronik adalah media massa yang dalam menyampaikan suatu informasinya menggunakan jasa listrik. Jika tanpa adanya sumber listrik media massa ini tak dapat berfungsi. Contohnya seperti tv, radio, dll.
  • Media massa tradisional adalah media yang dipakai atau digunakan sebagai sarana penyampaian informasi pada jaman dulu. Contohnya sepeti misalnya seni tradisional, wayang, dll.

 

 

 

Leave a comment