PUBLIC COMMUNICATION AND MASS COMMUNICATION

WHAT IS ABOUT COMMUNICATION PUBLIC AND MASS COMMUNICATION

komunikasi publik dan komunikasi massa adalah bidang yang sama. Kedua bidang mengeksplorasi praktek dan tren komunikasi yang efektif kepada khalayak kelompok besar. Istilah yang kadang-kadang digunakan bergantian. Namun, ada perbedaan antara komunikasi publik dan komunikasi massa dan antara program gelar yang sesuai dengan masing-masing bidang.

Komunikasi publik: Definisi
komunikasi publik menunjukkan komunikasi antara orang-orang yang sama. Ini adalah penerimaan dan pertukaran pesan, gagasan dan pendapat. Sarana komunikasi publik berkembang dari waktu ke waktu dengan perkembangan teknologi dan media komunikasi. Demikian juga, opini publik, kebijakan dan ide-ide berkembang sebagai sikap dan pendapat masyarakat berubah. Namun, pertukaran atau transaksi ide tetap konstan. Orang merespon dan bereaksi dalam kelompok masyarakat, sehingga berkontribusi untuk dan membentuk wacana publik.

Komunikasi Massa: Definisi
komunikasi massa adalah siaran suara dijawab untuk audiens yang besar. Berbeda dengan komunikasi publik, komunikasi massa tidak melibatkan pertukaran ide, tetapi, lebih tepatnya, pengiriman dan penerimaan pesan massal atau pesan. Penduduk dari masyarakat massa mungkin berbeda pendapat atau tidak setuju dengan pesan massal menular, namun masih ada keseragaman dan universalitas pesan.

Komunikasi Gelar Public

program gelar komunikasi publik, seperti program komunikasi massa, fokus pada lembaga media dan proses yang lembaga seperti informasi menyebar untuk mempengaruhi dan membujuk opini publik. Mahasiswa dalam program komunikasi publik juga mempelajari peran masyarakat dalam proses komunikatif. Siswa mengeksplorasi bagaimana individu dalam masyarakat berkontribusi wacana sosial dan bagaimana mereka berinteraksi dalam wacana tersebut. program gelar komunikasi publik mempelajari komunikasi sebagai suatu sistem interaktif, yang ditandai dengan pertukaran – bukan hanya pengiriman – pesan dan ide-ide.

Komunikasi Massa Gelar

komunikasi massa menjelaskan studi tentang sarana yang orang dan kelompok menggunakan media massa untuk mengirimkan informasi. Program-program ini mengeksplorasi bagaimana suara media besar dan outlet, seperti koran, majalah, program radio, dan televisi dan produksi film mengirimkan pesan ke segmen besar penduduk. siswa komunikasi massa mempelajari bagaimana media tersebut secara strategis dan efektif berkomunikasi dengan massa dan memanipulasi opini massa. Studi komunikasi massa sering digabungkan dengan bidang studi lain, seperti jurnalistik, pemasaran, iklan atau hubungan masyarakat.

Menurut Robert K, Avery menyatakan bahwa media massa memiliki fungsi sebagai berikut :

  1. The surveilance of environtment, yaitu media massa berfungsi sebagai pengamatan tehadap lingkungan, penyingkap ancaman, dan kesempatan untuk mempengaruhi nilai masyarakat, serta sebagai sebagain unsur didalamnya.
  2. The corralation of the part of society in responden to the environment, yaitu fungsi media massa untuk mengadakan koralasi antara informasi data yang diperoleh dengan kebutuhan khalayak sasaran, karena komunikator lebih menekankan pada seleksi evaluasi dan interprestasi.
  3. The transmission tha social harietage from one generation to the next generation, yaitu media massa berperan untuk memindahkan nilai-nilai budaya dan warisan dari satu generasi ke generasi lainnya.

Menurut Cangara, komunikasi tidak hanya diartikan sabagai pertukaran berita atau pesan, tetapi juga sebagai kegiatan individu dan kelompok mengenai pertukaran data, fakta, dan ide (Winardono, 2006 : 57). Komunikasi massa dapat berfungsi untuk :

  1. Informasi, yaitu kegiatan untuk mengumpulkan, menyimpan data, fakta, opini,  pesan, komentar,  sehingga  orang  bisa  mengetahui  keadaan yang
  2. Sosialisasi, yakni menyediakan dan mmengajarkan ilmu pengetahuan bagaimana orang bersikap sesuai dengan nilai-nilai yang ada, serta bertindak sebagai anggota masyarakat secara efektif.
  3. Motivasi, mendorong orang untuk mengikuti kemajuan orang lain melalui apa yang mereka baca, lihat, dengar, melalui media massa.
  4. Bahan diskusi, yaitu menyediakan informasi untuk mencapai persetujuan dalam hal perbedaan pendapat mengenai hal-hal yang menyangkut orang banyak.
  5. Pendidikan, yaitu dengan menyajkan informasi yang mengandung nilai edukasi, sehingga membuka kesempatan untuk memperoleh pendidikan secara informal.
  6. Memajukan kebudayaan, media massa menyebarluaskan hasil-hasil kebudayaan melalui pertukaran siaran radio, televisi, atau media cetak. pertukaran ini memungkinkan penigkatan daya kreativitas  guna memajukan kebudayaan nasional masing-masing negara,  serta memperkuat kerjasama masing-masing negara.
  7. Hiburan, media massa adalah sarana yang banyak menyita waktu luang semua golongan usia, dengan difungsikannya sebagai alat hiburan dalam rumah tangga. Sifat estetikanya dituangkan dalam bentuk lagu, lirik,  bunyi, gambar, dan bahasa, membawa orang pada situasi menikmati hiburan seperti halnya hiburan lain.

Integrasi, yaitu banyaknya negara-negara didunia dewasa ini diguncang oleh kepentingan-kepentingan tertentu, karena perbedaan etnis dan ras. Komunikasi sepert satelit dapat digunakan untuk menghubungkan perbedn-perbedaan itu dalam memupuk dan memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa.

Leave a comment